Sabtu, 18 Februari 2012

Masalah sebagai Dinamika Hidup

Setiap orang pasti punya masalah,begitupun dengan ku...

Namun lain kepala,lain isi..lain orang pasti lain lagi dalam menyikapi suatu masalah yang dihadapi..

Begitupun dengan ku,

Aku lebih menganggap suatu masalah yang datang, sebagai sebuah DINAMIKA dalam hidup.sama hal nya dengan ombakyang sewaktu-waktu bisa pasang dan bisa surut.
"Namanya juga orang hidup,pasti punya masalah lah...!!!!!" (kebanyakan dari kita berkata demikian)
Memang banyak orang yg berkata demikian,namun tidak sedikit orang yang tidak menerima akan masalah2 yang menghampiri.Dan kita lebih menyalahkan Sang Kholik,dan menggap Nya tidak adil.

Benarkah Tuhan tidak adil?
Benarkah Tuhan tidak sayang kepada hambanya?
Lalu untuk apa Tuhan menciptakan kita?
Kawan,hidup kita ini bagaikan sebuah kepompong.Tidak semua kepompong menjadi kupu-kupu,tapi setiap kupu-kupu melewati proses menjadi kepompong. 
Tidak sedikit kepompong yang gagal menjadi seeokor kupu-kupu. 
Seekor kupu-kupu mengalami sebuah proses yang biasa disebut dengan Metamorfosis.
Dan tidak sedikit masalah yang dihadapinya,
Patah Ranting lah,

Daunnya tertiup angin,
Serangan dari musuh-musuhnya sesama serangga,
Hujan deras,
Panas terik matahari,
Ulah usil manusia,
dan banyak lagi faktor yang mempengaruhinya.
Apakah itu bukan sebuah masalah baginya???
Tapi mengapa ada banyak kupu-kupu cantik menghiasai alam ini?


Jelas,beberapa Faktor yang disebutkan tadi merupakan masalah baginya.Namun beberapa dari mereka bisa melewati masalah itu,hingga akhirnya jadilah kupu-kupu yang cantik.

Lalu apakah kita harus menyamakan diri kita dengan kupu-kupu??(ops,jelas beda bos)Tapi setidaknya ada pelajaran yang bisa kita ambil dari seekor kupu-kupu.

Perjalanan hidup kita sama halnya dengan perjalanan seekor kepompong untuk menjdi seekor kupu-kupu.Tentunya dalam perjalanan itu banyak masalah-masalah yang dihadapi.Akan tetapi sacara tidak sadar,masalah-masalah itu membuat anda menjadi lebih besar.(bukan besar badan pastinya..haha).tapi besar hati(bagi orang yang mau berfikir).Sadar atau tidak sadar,berbagai masalah yang datang membuat anda stres,bahkan ada juga yang depresi(amit2 dah).tapi coba deh,setiap masalah yang datang kita tafakuri dan kita syukuri,insya Allah ga akan bkin anda stres.
Kadang kita merasa Tuhan ga adil,tapi kita jarang membandingkan antara nikmat yang kita terima dengan masalah yang sering dihadapi.Banyak mana???

Waduhhhhh,ampe2 ada istilah "Jika Lautan jadi tintanya,dan Daun2 di dunia ini jadi kertasnya,tidaklah cukup bagi seseorang untuk menuliskan nikmat yang diterimanya" 
bener ga sich??? monggo introspeksi.
Jadi,kalo udah gini,sebenernya Tuhan yg ga adil...atau kita yang jarang bersyukur ???(pertanyaan besar tentunya)
Untuk menjadi seekor kupu-kupu,kepompong melalui dulu sebuah proses.Pun bagi kita sebgai manusia. Untuk menjadi orang yg sukses,kita akan dihadapkan dengan sebuah proses.Namun dalam proses itu tidak sedikit masalah2 yang menghampiri.Tapi coba anda jadikan masalah2 itu sebagai pelajaran (kalo mau dipelajari sich).

Jangan sedikitpun merasa bahwa masalah anda yang paling,paling besar.Di luar sana banyak orang-orang yg kurang beruntung dari anda.Boro-boro bwt kuliah,boro-boro bwt sekolah, untuk makan saja mereka harus mengemis di tengah jalan(waduh ketabrak donk..haha),pas lampu merah kan ga apa2 klo ngemis ke tegah jalan (pengalaman..hihihi),ngamen di angkot,jualan koran,kuli bangunan,dan seribu bahkan sejuta pekerjaan yang merka lakukan demi mempertahankan hidup.
Kalo udah inget kesana,masih mau bilang Tuhan ga adil???
huh dech...

Trus buat apa Tuhan ciptain Kita?
Selama ini kita sering denger dari ulama2 yang ngejelasin kalo tujuan hidup manusia adalah untuk beribadah kepada ALLAH sebagaimana ayat QS 51:56 menjelaskan.

“ Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku”
Wah jelas bgt tuh ayat itu,bahwa kita diciptakan Tuhan hanya untuk BERIBADAH.jelas kan!!!!!
Niatkan bahwa segala yang kita kerjakan Hanya untuk ibadah.Begitupun dengan menyikapi masalah demi masalah yang datang,itu juga niatin ibadah.STOP membading-bandingkan diri sendiri dengan orang yang lebih beruntung dari kita,tapi cobalah banyak2 memposisikan diri kita sebagai orang yg kurang beruntung dari kita,niscaya kita akan senantiasa menjadi orang yang selalu bersyukur,dan bertafakur atas nikmat ataupun masalah yang datang menghampri.OK.......



"Banyak-banyak lah memposisikan diri anda sebagai orang lain yg kurang beruntung dibanding anda,niscaya anda akan menjadi orang yg pandai bersyuk"



Created by: Wawan Gunawan

0 komentar:

Posting Komentar

BOIM BLOG © 2008 Template by:
SkinCorner